LSP Jaminan Mutu dan Keamanan Pangan bekerjasama dengan Departemen Teknologi Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor, menyelenggarakan uji kompetensi dalam rangka sertifikasi kompetensi kerja bagi 40 Calon Tenaga Kerja yang berasal dari program studi tersebut.

Uji kompetensi diikuti sebanyak 40 peserta pada skema sertifikasi Klaster Audit Internal Provisi Keamanan Pangan (Calon Auditor Internal Keamanan Pangan). Uji kompetensi dilaksanakan mencakup unit kompetensi yang ditetapkan dalam skema sertifikasi, mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Keamanan Pangan.

Peserta yang lulus uji kompetensi direkomendasikan untuk mendapat sertifikasi kompetensi kerja. Keputusan sertifikasi sendiri ditetapkan oleh Komite Teknis LSP JMKP yang independen dan tidak terlibat dalam pelaksanaan asesmen.

Sertifikasi kompetensi diterbitkan atas nama BNSP dan berlogo burung garuda, sehingga otomatis memiliki pengakuan secara nasional. Seluruh pemegang sertifikat akan teregister pada database nasional personel tersertifikasi BNSP.

Sertifikasi kompetensi kerja diharapkan dapat meningkatkan daya saing Tenaga Kerja atau Calon Tenaga Kerja dalam menghadapi kompetensi kerja yang diawali dengan pemberlakukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Share this post