Tercapainya tenaga kerja Indonesia yang berkompeten, tidak hanya tanggung jawab dari pemerintah melainkan harus ada kerja sama antara pihak industri, akademisi, dan lembaga terkait. LSP JMKP saat ini bekerja sama dengan pihak Diploma IPB untuk menciptakan lulusan yang berkompeten di bidangnya sehingga dapat bersaing di era pasar bebas yang sudah dimulai akhir tahun 2015.

LSP JMKP berharap agar pihak akademisi lainnya dapat bekerja sama untuk menciptakan tenaga kerja Indonesia yang berkompeten. Selain Diploma IPB, LSP JMKP sudah bekerja sama dengan Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (Departemen Teknologi Hasil Perairan), Universitas Sahid, Universitas Airlangga, dan Universitas Djuanda. LSP JMKP dibentuk atas dasar kebijakan pemerintah dan telah mendapatkan lisensi dari BNSP sejak September 2015 dan hingga saat ini personel yang tersertifikasi terus bertambah.

Pemerintah sangat mendukung program ini sehingga khusus untuk personel yang mendaftar sebelum Juli 2016 akan diikutsertakan dalam Program Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) batch dua dan akan mendapatkan subsidi dari pemerintah melalui dana APBN BNSP. Skema Calon Auditor Internal Keamanan Pangan, Food Handler, dan Pengawas Pangan Segar Asal Tumbuhan dapat diikuti oleh mahasiswa atau Fresh Graduate dengan program studi yang relevan dengan bidang pangan.

LSP JMKP dapat melakukan sosialisasi program ini melalui presentasi ke perguruan tinggi lainnya. Ibu/Bapak dapat menghubungi kantor LSP JMKP (0251-9201132) apabila berminat untuk bekerja sama dengan LSP JMKP untuk menciptakan lulusan yang berkompeten dan memiliki daya saing di bidang organisasi rantai pangan.

Salam Indonesia Kompeten