Brand AMAN SAJI merupakan penanda kesesuaian yang diberikan sebagai apresiasi Asosiasi Profesi Keamanan Pangan Indonesia (APKEPI) kepada perorangan atau organisasi di sektor Jasa Usaha makanan (Food Services) yang telah menunjukan komitmennya dalam hal keamanan pangan.

Pemberian penanda AMAN SAJI diserahkan kepada LSP Jaminan Mutu Keamanan Pangan (LSP JMKP) melalui mekanisme sertifikasi kompetensi kerja bagi perorangan dan verifikasi kesesuaian bagi organisasi Jasa Usaha Makanan.

VERIFIKASI AMAN SAJI

Verifikasi AMAN SAJI dilaksanakan untuk mendukung penerapan hygiene sanitasi pangan berdasarkan Permenkes 1096/MENKES/PER/VI/2011, dan Kepmenkes Nomor 1098/MENKES/SK/VII/2003. Hanya dapat diikuti oleh organisasi Jasa Usaha Makanan (Restoran, Kafe, Rumah Makan, Katering, F&B Hotel, dan Dapur Rumah Sakit) yang telah memiliki Sertifikat Laik Sehat (SLS) dari Dinas Kesehatan setempat dan sertifikat kompetensi bidang keamanan pangan dari LSP JMKP. Sertifikat AMAN SAJI berlaku 3 (tiga) tahun, selama sertifikat laik sehat berlaku. Tersedia mekanisme penandaan stikerisasi AMAN SAJI.